Rss Feed

Pages

Situs "Facebook" Yang begitu Fenomenal

Facebook ??
Siapa sih yang ga tau facebook, dari anak kecil sampe kakek nenek, dari anak kota sampai ke pedalaman , dan semuaanya pasti tau ni yang namanya facebook ..
Facebook adalah suatu Jejaring sosial dimana kita bisa berkomunikasi dengan berbagai orang dari berbagai belahan dunia .
Selama ini, kita hanya mengetahui Situs nya aja, tapi siapa orang Jenius dibalik semua ini ??


Mark Zuckerberg adalah remaja hebat dan jenius yang meruakan orang dibalik susesnya jejaring sosial ini. Facebook diperkenalkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 . Mark Zuckerberg seorang programer komputer yang handal sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Pada awalnya, “Facebook” bernama “The Facebook”, nama tersebut diambil dari nama lembaran dokumen yang dibagikan kepada setiap pelajar baru di harvard yang menampilkan profil murid dan karyawan. Dan dalam waktu 24 jam sejak peluncurannya, 1.200 pelajar Harvard langsung bergabung. Satu bulan kemudian, lebih dari separuh pelajar di sana sudah mendata profilenya.

Dengan cepatnya, jaringan itu meluas hingga kesekolah lain dalam kurun waktu sebulan. Dan lebih hebatnya lagi dalam waktu 4 ulan sudah ada 30 Kampus yang tergabung dalam situs ini.

Situs yang beralamat di " The facebook.com" tersebut kemudian berubah nama menjadi "facebook.com" pada bulan Agustus 2005. Nama facebook.com tersebut dibeli dengan harga $200.000 dari Aboutface Corporatio.

Ini Dia Si Jenius pencipta situs jejaring Facebook


Yang membuat facebook menarik adalah ia dapat mencarikan teman yang mirip dengan profile kita. Kadang teman-teman lama bisa muncul dalam halaman facebook tanpa perlu kita cari. Yang penting informasi yang kita berikan lengkap, misalkan kuliah di mana, angkatan berapa, hobby, pekerjaan, lokasi tempat tinggal dan sebagainya. Dengan begitu dalam sekejab seseorang dapat menemukan teman-teman lama plus teman-teman baru sesuai dengan profile yang sudah diisi di facebook.
Facebook juga bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan lain dalam mengembangkan dan memperbanyak fitur-fitur di facebook. Tentunya kerjasama ini saling menguntungkan, perusahan-perusahaan tersebut akan juga dapat penghasilan tambahan.

Untuk mengembangkan facebook lebih lanjut, Zuckerberg tidak bisa bekerja sendiri. Ia kemudian meminta bantuan dua temannya yaitu, Dustin Moskovitz dan Chris Hugh  untuk membantu mengembangkan Facebook. 

Kepopuleran Facebook  yang terus melonjak, pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli situs Facebook seharga 10 juta US Dollar, tetapi ditolak. Begitu juga dengan nasib penawaran lain seperti Viacom dan Yahoo  semuanya ditolak.

Karena mungkin si Mark Zuckerberg sudah melihat masa depan yang cerah pada situs jejaring ini. 

Hingga saat ini terus terjadi penambahan member facebook, selain itu situs facebook merupakan media untuk berbisnis dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar. 

Namun, di tengah kepopulerannya, terjadi beberapa kasus yang mecengangkan terjadi. Misalnya di Indonesia , banyak orang tua yang melpor ke ihak yang berwajib karena anak merak hilang setelah berkenalan dengan orang yang dikenalnya melalui situs ini. Selain itu, hal buruk terjadi di negara Amerika, Seorang Ibu harus kehilangan nyawa anaknya karena si Ibu asyik bermain facebook sedangkan si Ibu membiarkan si anak berendam di bak mandi seorang diri.Menurut penuturan si Ibu , hal ini sudah sering ia lakukan.  Hal ini sangat disayangkan .
Beredar rumor, Facebook akan ditutup , namun hingga saat ini tidak ada kepastian dari si Pendiri.

Jadi sebaiknya, kita harus bisa menggunakan media ini untuk hal- hal positif dan yang paling penting kalo lagi facebookan jangan sampai lupa daratan yaa :)

0 komentar:

Posting Komentar